Senin, 07 Desember 2009

Geser dan Tegangan Geser

(sumber: terjemahan oleh geoteknik.wordpress.com dari artikel Wikipedia Jerman: Scherung (Mechanik) versi: Juli 2007)

Geser didefinisikan menjadi sebuah perubahan tertentu dari benda yang disebabkan oleh Gaya.

Pada Geser, gaya yang bekerja sejajar terhadap permukaan benda (dalam hal ini tangential / berhimpit dengan permukaan benda) . Sedangkan Gaya yang bekerja tegak lurus terhadap permukaan benda disebut Gaya Normal.


Prinsip Geser

(Sumber: gambar Wikipedia Jerman: Shear_scherung.jpg)

Sebagai gambaran, dapat dicontohkan dengan sebuah buku yang diletakan diatas meja. Kemudian geser permukaan buku tersebut paralel terhadap pemukaan meja (ini adalah contoh gaya yang bekerja tangential), kemudian punggung buku menahan gaya tersebut dengan sebuah sudut tertentu, selain itu pada bagian atas buku bergeser dengan jarak tertentu.


Hubungan Gaya Geser (F) dengan Tegangan Geser (τ) serta Luas Benda (A) dijabarkan dalam persamaan:



Sehingga, Tegangan Geser dapat diartikan sebagai Gaya per satuan Luas.Besaran SI-nya adalah Pascal (Pa) atau N/m2.Besar Sudut Geser adalah θ. Bagian atas buku bergeser dengan jarak Δx. Hubungannya dengan Geser γ dan Tinggi Benda l dapat dijabarkan dalam persamaan: 


Ditulis dalam Geoteknik
« STAB2D
Ludwig Prandtl »

1 komentar:

  1. Top Tinted Titanium Rod in Leg Thickness - Tinted Tinted
    › titanium-rod-in-leg-tinted-t › titanium-rod-in-leg-tinted-t Tinted Titanium Rod in is titanium lighter than aluminum Leg Thickness Tinted Titanium Rod in does titanium set off metal detectors Leg Thickness Tinted Tinted Tinted Tinted 2019 ford fusion hybrid titanium Tinted Tinted Tinted Tinted Tinted Tinted Tinted Tinted Tinted titanium tent stakes Tinted Tinted Tinted Tinted Tinted Tinted Tinted Tinted Tinted Tinted Tinted Tinted Tinted Tinted Tinted Tinted ion titanium hair color Tinted Tinted Tinting

    BalasHapus